Terapi Pendengaran

Ketika orang yang saya cintai mengalami gangguan pendengaran, apa yang bisa saya lakukan?

Merawat seseorang dnegan gangguan pendengaranmemang dapat menjadi proses yang menguras energi dan emosi. Terutama jika Anda merawat seseorang dengan masalah presbikusis yang berat . Dan, akan lebih membuat Anda frustasi jika, orang yang dicintai tersebut, yang memiliki gangguan pendengaran justru menolak ketika Anda menawarkan bantuan untuk menghilangkan masalah yang berkaitan dengan pendengarannya.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat membantu orang yang Anda cintai:

Contoh: Orang yang Anda cintai mungkin selalu berpikir keras untuk memahami ucapan Anda atau menyetel volume televisi dengan suara yang sangat keras, dan menganggap hal tersebut normal.

  • Pelajari tentang gangguan pendengaran dengan banyak membaca tentang masalah tersebut, dan Anda bisa mendapatkan tips tentang bagaimana cara membantu orang yang Anda cintai.
  • Ekspresikan kekhawatiran Anda kepada orang yang Anda cintai. Ingatlah untuk selalu menunjukkan cinta dan dukungan Anda, setiap saat Anda melakukannya.
  • Mintalah orang yang Anda cintai menginformasikan kepada Anda, di situasi seperti apa ia harus berjuang keras untuk mendengar percakapan.
  • Temani orang yang Anda cintai untuk melakukan pemeriksaan pendengaran.
  • Jika orang yang saya sayangi tidak menerima bahwa ia memiliki gangguan pendengaran.

    Contoh: Orang yang Anda cintai sepenuhnya sadar akan perjuangannya untuk mendengar tetapi tidak mau menerima dan berbicara bahwa ia telah mengalami gangguan pendengaran.

  • Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa banyak individu dengan gangguan pendengaran harus menjalani fase penolakan pada awalnya. Sangat perlu memberikan mereka waktu untuk menghadapi dan mengatasi ketakutan, keraguan diri atau kesalahpahaman terhadap gangguan pendengaran yang ia alami (misalnya, gangguan pendengaran dan kasus penuaan).
  • Ajaklah orang yang dicintai untuk melihat berbagai model alat bantu dengar yang berbeda. Bahkan bagi sebagian orang yang mengalami gangguan pendengaran, alat bantu dengar dapat membawa stigma yang negatif di mata mereka, mereka biasa mengasosiakannya dengan kelemahan atau penuaan. Saat ini, alat bantu dengar dengan ukuran kecil sudah tersedia.
  • Terkadang uanglah yang mungkin menjadi masalah, tanyakan kepada audiolog Anda tentang semua pilihan pembayaran dan bantuan kemudahan pembayaran yang ditawarkan.
  • Tunjukkan pada mereka pro dan kontra karena ketika mereka tidak diterapi. Misalnya : individu gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat menghadapi:
  •        o Risiko jatuh lebih tinggi (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2655032/)
           o Lima kali lebih tinggi risiko terkena demensia (https://jamanetwork.com/journals/jamaneurology/fullarticle/802291)
           o Risiko kecemasan sosial dan depresi (http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0119616)
           o Tolak dalam memori untuk ucapan (https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02724980443000151)

    Ingat ketika mencari bantuan untuk orang yang Anda cintai, penting sekali untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai tahu bahwa Anda melakukannya karena Anda mencintai mereka.