0858 8442 4363

Begini Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat dan Aman

Begini Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat dan Aman

Telinga merupakan salah satu organ penting yang harus benar cara pembersihannya. Jika tidak, maka akan menimbulkan infeksi dan iritasi. Terkadang kita menggunakan cotton bud sebagai opsi paling mudah untuk membersihkan telinga. Namun, ternyata justru membahayakan lho! Pasalnya, cotton bud akan mengakibatkan kotoran masuk ke dalam telinga. Berikut merupakan ulasan cara membersihkan kotoran telinga dengan tepat dan aman. Yuk simak!

1. Menggunakan Kapas

Nah, cara pertama untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan menggunakan kapas. Caranya cukup mudah, siapkan kapas dan celupkan ke dalam air hangat. Setelah itu, kapas tersebut dilinting dan masukkan ke dalam telinga secara berputar. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Terapi Ear Candle untuk Membersikan Kotoran Telinga, Bahayakah?

2. Menggunakan Baby Oil 

Selain menggunakan kapas dan air hangat, baby oil juga cukup aman untuk membersihkan kotoran telinga. Langkah pertama, Anda dapat menghangatkan terlebih dahulu dengan cara meletakkan botol baby oil di dalam mangkuk air hangat. Kemudian, gunakan 3 sampai 4 tetes baby oil dari ear dropper/pipet.  Setelah 10 menit, Anda dapat memiringkan kepala agar minyak dari baby oil keluar. Terakhir, cukup bersihkan telinga bagian luar Anda dengan bola kapas.

3. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Cara selanjutnya adalah menggunakan obat tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga yang keras. Anda dapat memperolehnya dari resep dokter, maupun di apotik. Caranya cukup sederhana, miringkan kepala Anda dan masukkan obat tetes telinga sesuai resep dokter menggunakan pipet. Setelah itu tunggu untuk beberapa saat. 

4. Menggunakan Air Garam

Cara membersihkan telinga yang tersumbat kotoran yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Kandungan yang terdapat dalam air garam dapat melarutkan kotoran dalam telinga yang keras. Siapkan campuran garam satu sendok dan air, setelah itu rendam kapas ke dalam air garam tersebut. Kemudian, teteskan sedikit ke dalam telinga. Yuk dicoba!

Baca juga: Inilah Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi Telinga Gatal

5. Ke Dokter THT

Jika Anda rasa membersihkan telinga sendiri tidak cukup, Anda dapat membersihkan telinga langsung kepada ahlinya. Dengan alat yang cukup lengkap dan aman, Anda tidak perlu khawatir membersihkan telinga dengan dokter THT. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter THT enam bulan sekali, ya.Nah, itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan kotoran telinga. Pastikan Anda menjaga kesehatan telinga dengan melakukan pemeriksaan rutin dan tetap menjaga telinga tetap kering. Untuk memastikan kesehatan telinga, Anda dapat mencoba skrining online secara gratis dari hearLIFE. Yuk dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.