Tinitus

Jenis terapi apa saja yang tersedia untuk mengatasi tinitus?

Tidak ada pendekatan tunggal untuk pasien yang mengalami tinitus, karena penyebab tinitus sendiri beragam. Diperlukan pendekatan yang komprehensif, termasuk di antaranya edukasi tinitus, konseling, terapi suara dan medis. Dalam kasus di mana perawatan medis dan psikologis tidak diperlukan, pasien dapat memilih terapi berikut:

Terapi suara

Amplifikasi suara yang tepat dengan alat bantu dengar open fit dipadukan dengan terapi suara,merupakan salah satu terapi umum yang dikenal dapat mengurangi gejala tinitus, dengan cara mengalihkan perhatian penderitanya dari tinitus, dengan berfokus pada suara lingkungan. (Sweetow & Henderson, 2010a).

 

Sweetow, R. W., & Henderson, S. J. (2010a). Gambaran umum prosedur umum untuk manajemen pasien tinnitus. The Hearing Journal, 63 (11), 11-15.

 

Pendidikan dan konseling pasien (Terapi Perilaku Kognitif)

 

Mengedukasi pasien tentang tinnitus, penyebabnya dan mekanisme umum dapat membantu pasien mengidentifikasi dan memahami setiap pemicu, atau reaksi negatif terhadap tinnitus mereka. Pendidikan pasien juga dapat membantu memperbaiki kesalahpahaman terhadap tinnitus, dan juga dapat membantu individu mengubah perasaan, perilaku dan pikiran, juga mengurangi reaksi ketidaknyamanan mereka terhadap tinitus.

 

Tinnitus Retraining Therapy

 

Tinnitus Retraining Therapy adalah kombinasi antara edukasi pasien, konseling dan terapi suara yang dikenal efektif secara klinis dalam mengurangi gangguan dan dampak dari tinnitus.

 

Baca lebih lanjut tentang Tinnitus Retraining Therapy di bawah ini:

 

Pengaruh Tinnitus Retraining Therapy pada kenyaringan dan gangguan tinnitus:

https://journals.lww.com/ear-hearing/Abstract/2011/03000/Effect_of_Tinnitus_Retraining_Therapy_on_the.1.aspx

 

Terapi Penguatan Tinnitus: Pandangan yang Berbeda tentang Tinnitus

https://www.karger.com/Article/Abstract/90487

 

Uji Klinis Jangka Panjang Terapi Penguatan Tinnitus

http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1016/j.otohns.2005.07.006

 

Hasil dari Uji Klinis: Tinnitus Masking versus Tinnitus Trainraining Therapy

http://www.ingentaconnect.com/content/aaa/jaaa/2006/00000017/00000002/art00004